STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA

STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH  MATEMATIKA

Penyelesaian masalah merupakan latihan bagi siswa untuk berhadapan dengan sesuatu dengan yang tidak rutin dan kemudian mencoba menyelesaikannya.  mempelajari matematika  bertujuan agar siswa dapat mengembangkan cara berfikirnya , serta melatih siswa untuk menyelesaikan masalah. Sehingga melalui latihan penyelesaian masalah diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan dalam memecahkan masalah yang di temukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pendekatan penyelesaian menjadi bagian penting dalam pembelajaran matematika

Matematika yang dibberikan dalam bentuk masalah akan memberikan motifasi kepada siswa agar dapat mempelajari matematika lebih dalam. Dengan di hadapkan dengan suatu masalah matematika, siswa akan berusaha menemukan penyelasaiannya melalui berbagai cara atau strategi penyelasian masalah matematika sehingga kepuasan akan tercapai apabila masalah tersebut dapat di pecahkan.

Adapun masalah-masalah dalam matematika yang dalam menyelasaikan latihan-latihan matematika seperti melibatkan logika, penalaran, dan uji coba. Untuk memecahkan masalah matematika kita harus memiliki pemikiran yang mendalamdan berbagai strategi penyelesaian masalah matematika oleh karena itu memilih strategi  yang paling tepat  dalam penyelesaian latihan-latihan yaitu dengan di antaranya menerka dan menguji kembali menyelesaikan suatu persamaan, menyelesaikan masalah yang mirip, serta menyelesaikan masalah yang setara sehingga siswa akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang materi itu sendiri, agar siswa mengidentifikasi unsur yang di ketahui dan di tanyakan soal, serta dapat membuat rencana untuk menyelesaikan masalah untuk menyelesaikan soal dengan baik dan apabila telah dikerjakan maka jawaban yang di peroleh perlu diperiksa kembali

Pembelajaran penyelesaian tidak sama dengan tidak sama dengan pembelajaran soal-soal yang telah diselesaikan .sehingga untuk mempermudah siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut maka siswa harus memiliki kemampuan untuk memahami subtansi materi yang ada pada permasalan matematika tersebut , kemampuan tersebut memegang peranan penting dalam pemecahan masalah karena siswa yang tidak mempunyai kemampuan yang memadai dalam memahami subtansi yang ada pada permasalahan tersebut akan mengalami banyak kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal. Kemudian siswa harus mempunyai keterampilan melakukan perihitungan matematika, karena hampir semua strategi pemecahan masalah matematika melibatkan perhitungan oleh karena itu keterampilan perhitungan merupakan faktor yang paling mendasar bagi siswa dalam rangka mengembangkan kemampuan siswa dalam penyelesaian soal-soal matematika.

STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH  MATEMATIKA

 

 OLEH :

                                                                                                                       

                                                                                                                          IRMAN RUSLI

                                                                                                                         NPM : 11 221 118

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS DAHYANU IKSANUDDIN

BAUBAU

2011

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: